UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Pelepasan Mahasiswa KKN-PPM IIK Medika Persada Bali di Kelurahan Penatih Wujudkan Germas untuk Keluarga Sejahtera
  20 August 2019 - Dibaca 94 kali
  Oleh Administrator

INSTITUT Ilmu Kesehatan (IIK) Medika Persada Bali, Senin (19/8) kemarin mengadakan acara pelepasan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Kelurahan Penatih. Sebanyak 165 orang mahasiswa dari 8 program studi akan melakukan kegiatan KKN-PPM dengan tema "Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) untuk Keluarga Sejahtera" selama satu bulan. Diharapkan kegiatan KKN-PPM bisa memberikan kontribusi positif bagi perwujudan germas di masyarakat khususnya di Kelurahan Penatih.

Rektor IIK Medika Persada Bali Prof. Dr. dr. I Made Bakta, Sp.PD., K.HOM. mengatakan dalam pelaksanaan KKN-PPM IIK Medika Persada Bali, kegiatannya sesuai dengan visi-misi dan kebijakan dari Gubernur Bali khusus-nya mewujudkan masyarakat yang berkearifan lokal terutama dalam hal kesehatan. Jadi dalam kegiatan KKN-PPM ini bersumber pada local wisdom dan kearifan lokal yang ada di Bali.

Mengenai tema "Germas untuk Keluarga Sejahtera", lebih lanjut dipaparkan Bakta, mahasiswa dibimbing dosen akan melakukan pembinaan ke masyarakat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam hal kesehatan baik pribadi dan lingkungannya. "Juga kita mendorong pemanfaatan pekarangan untuk penanaman obat keluarga sehingga bisa mewujudkan masyarakat yang mandiri di bidang kesehatan," ujar Bakta.

Sementara terpilihnya Kelurahan Penatih sebagai tempat pelaksanaan KKN-PPM IIK Medika Persada Bali karena daerahnya dekat dengan kampus IIK Medika Persada yang berlokasi di daerah Tonja. "Kami ingin memberikan manfaat terhadap masyarakat yang dekat dengan lingkungan kampus dulu. Nanti ke depan baru diperluas," ujar Bakta.

Manfaat lain yang juga diberikan IIK Medika Persada Bali terhadap lingkungannya adalah memberikan keringanan biaya dalam belajar di IIK Medika Persada Bali. Dijelaskan Bakta, pihaknya telah memberikan kerin-ganan biaya SPP dan bebas biaya pendaftaran untuk tamatan SMA di daerah Tonja. Hal yang sama juga akan diterapkan pada tamatan SMA di daerah Penatih.

"Jadi nanti bagi siswa tamatan SMA yang hendak melanjutkan studi ke IIK Medika Persada Bali akan bebas biaya pendaftaran dan biaya SPP didiskon 50 persen. Syaratnya membawa surat keterangan dari kepala lingkungan setempat," jelas Bakta.

IIK Medika Persada Bali saat ini sudah memiliki delapan program studi (PS) yaitu, PS Administrasi Rumah Sakit, PS Farmasi Klinis, PS Fisioterapi, PS Psikologi, Diploma 4 (D-4) Teknik Elektromedik, PS Kesehatan dan Keselamatan Kerja, PS Teknologi Laboratorium Medik dan PS Manajemen Informasi Kesehatan. (ad607)