UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Wisuda Ke-4: Alumni UNBI Diharapkan Terus Belajar, Perluas Kerjasama Tingkat Internasional
  1 November 2022 - Dibaca 132 kali
  Oleh Administrator

Ketua Yayasan Anugrah Husada Bali Indonesia Dr. Drs. I Nyoman Gede Astina, M.Pd, CHT, CHA mengharapkan alumni Universitas Bali Internasional (UNBI) terus belajar dalam dunia kerja. "Jangan pernah berhenti belajar, long life education," kata Gede Astina di Badung, Jumat (28/10).

Hal itu disampaikan ketika UNBI kembali menggelar Sidang Terbuka Senat Wisuda Ke-4 secara offline bertepatan pada Hari Sumpah Pemuda bertempat di The Trans Resort Bali, Seminyak Badung.

Diharapkan, alumni tidak melupakan almamater. Besar harapan mereka bisa kembali bagikan pengetahuan dan pengalaman setelah mereka berguru kepada orang - orang sukses dan bijaksana. Oleh karena, kemajuan kampus UNBI besar dipengaruhi peran para alumni. Mereka juga bisa ikut promosikan UNBI ke masyarakat yang sudah memiliki 15 program studi (Prodi).

Sampai saat ini, UNBI masih didominasi oleh  Prodi Farmasi. Meskipun banyak ada pilihan kampus yang membuka Prodi Farmasi, namun UNBI tetap jadi pilihan oleh masyarakat. Disamping, UNBI telah membuka Prodi langka yakni Hubungan Internasional (HI) dan Hukum. Selanjutnya pihaknya sedang mengurus perizinan untuk membuka Program Profesi.

Astina juga mengungkapkan, pihak Yayasan akan selalu mendukung segala keperluan kampus meskipun dalam penuh keterbatasan karena sebagai kampus swasta. Namun hal itu tidak menjadi persoalan, karena UNBI memiliki sumber daya manusia (SDM) yang handal baik tenaga milineal, maupun tenaga pengajar guru besar yang sudah senior. "Memang kami belum melahirkan guru besar sendiri, tapi kami tengah berproses terus," ungkapnya. 

Dikatakan pula, lulusan UNBI tidak saja sebagai pekerja tetapi bisa menjadi wirausaha. Kampus UNBI terus akan melakukan kerjasama dengan semua pihak, khususnya pada tingkat internasional. Hal itu dalam mewujudkan visi UNBI “Menjadi Perguruan Tinggi Yang Profesional, Unggul dan Bebudaya di Tingkat Nasional dan Internasional Pada Tahun 2035”. Selama ini, pihaknya sudah kerjasama dengan Timor Leste, Thailand, dan Inggris. Berikutnya pihaknya akan kerjasama dengan Australia. 

Sementara itu, Rektor UNBI Prof.Dr.dr.I Made Bakta Sp.PD-KHOM melepas 229 wisudawan. Wisudawan hari ini didominasi oleh perempuan sebanyak 168 orang, sedangkan wisudawan laki-laki sebanyak 61 orang dengan predikat lulusan wisudawan yang dicapai 123 orang predikat cumlaude, 104 orang predikat sangat memuaskan dan  2 orang predikat memuaskan.

Lulusan terbaik wisuda tahun ini di peroleh A A A Mila Anjani dari Program Studi Administrasi Rumah Sakit dengan IPK 3,96, predikat cumlaude dan lama studi 4 tahun. Adapun IPK tertinggi tahun ini 3,96 dan IPK terendah 3,00.

Wisudawan yang dilepas pada hari ini berjumlah 229 wisudawan yakni 218 orang Sarjana (S1) dan 11 orang Sarjana Terapan (D4) dengan total keseluruhan 218 orang dari Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan 11 orang dari Fakultas Bisnis, Sosial, Teknologi dan Humaniora.

Menurutnya, wisuda keempat ini juga merupakan sejarah bagi Universitas Bali Internasional, karena telah membuktikan dirinya mampu meluluskan sarjana untuk keempat kalinya.  Ajang itu juga sebagai wisuda perdana secara offline pasca pandemi Covid-19 penuh kemeriahan. Pada kesempatan itu, Rektor Prof Bakta akan terus meningkatkan kualitas lulusan UNBI yang baru menginjak usia ketujuh tahun.  Dengan mengoptimalkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), serta belajar ada yang offline dan online. 

"Kalau belajar praktek, kami terapkan offline. Kebijakan ini agar bisa lebih efektif. Sedangkan pembelajaran online, kami sudah terlatih sejak Covid-19," ujarnya. Untuk itu, tidak menjadi sebuah persoalan bagi UNBI terhadap kebijakan PPKM ketika pelaksanaan KTT G20 Bali pada November mendatang. (ART/001)

Sumber : https://atnews.id/portal/news/15652