UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bali Internasional (UNBI) menjelang Dies Natalis ke-6 UNBI di Kelurahan Penatih
  4 October 2021 - Dibaca 69 kali
  Oleh Administrator

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat sudah dilakukan dua kali baik sebelum pandemi maupun kini tengah pandemi. "Biasanya kita lakukan secara offline, karena masih pandemi program pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan, hanya melibatkan perwakilan dari seluruh program studi di lingkungan UNBI bersama Kepala Lingkungan Penatih yang turun ke masyarakat," ungkap Wakil Rektor UNBI dr. I Gusti Ngurah Mayun, Sp. HK di Denpasar, Sabtu (2/10).

Hal itu disampaikan ketika Pengabdian kepada Masyrakat dilaksanakan dalam bentuk Penyerahan video edukasi dan pengisian kuesioner untuk mengetahui pemahaman masyarakat tentang penyebaran Covid 19, selain itu penyerahan spanduk edukasi Covid-19 di 10 banjar oleh kaling dan perwakilan prodi dan pemberian Goddie bag prokes.

Perwakilan UNBI dari 10 program studi akan disebar ke 10 Lingkungan Penatih yang difokuskan pengabdiannya edukasi masyarakat agar disiplin mengikuti protokol kesehatan.

Upaya itu dalam mendukung program pemerintah dalam menekan penularan Covid-19, mengingat Bali masih level III. "Masyarakat minimal terapkan 3 M,  memnimalisir jumlah kasus dan meningkatkan kesembuhan teman-teman pasien," ujarnya.

Sementara itu, Lurah Penatih I Wayan Astawa menyambut baik mahasiswa UNBI yang akan melakukan pengabdian kepada masyarakat penatih. Selama ini, hubungan Kelurahan Penatih dengan UNBI berjalan dengan baik, termasuk adanya bantuan dalam penanganan Covid-19. Kehadiharan pengabdian mahasiswa UNBI dapat memperkuat SDM, khususnya diharapkan ada tambahan pembekalan pemanfatan teknologi di tengah pandemi.

Kelurahan Penatih pernah memenangkan Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2016 dan 2017  di tingkat nasional juga termasuk juara nasional Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) pada 2017. Bahkan tengah mengimplementasikan inovasi Sistem Pelayanan Penatih (Sipena) yang merupakan pelayanan cepat, tepat, dan akurat karena semua data penduduk masuk dalam sistem Sipena.

Pada kesempatan itu, hadir dr. I Gusti Lanang Made Rudiartha, MHA (Wakil Rektor II Universitas Bali Internasional) dan Ns. I Gusti Ngurah Made Yudhi Saputra, S.Kep.,M.M. (Dekan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan). (ART/001)

 

Sumber : Denpasar (Atnews)