UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Cetak Lulusan Siap Kerja - UNBI Siapkan Kurikulum yang Dibutuhkan di Dunia Kerja
  31 August 2021 - Dibaca 896 kali
  Oleh Administrator

Fakultas Ilmu - Ilmu Kesehatan dan Fakultas Bisnis, Sosial, Teknologi, dan Humaniora Universitas Bali Internasional (UNBI) melaksanakan yudisium ke-7 FIK dan yudisium ke-2 FBSTH secara virtual pada Senin (30/8). Ada sebanyak 3 mahasiswa dari Fakultas Bisnis, Sosial, Teknologi, dan Humaniora dan 174 mahasiswa dari Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan yang diyudisium pada hari itu. Semua lulusan yang dicetak merupakan lulusan siap kerja.

Dekan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Ns. I Gusti Ngurah Made Yudhi Saputra, S.Kep.,M.M., mengatakan, lulusan yang diyudisium kali ini akan segera dikukuhkan pada wisuda Oktober nanti. Sesuai dengan visi misi UNBI, diharapkan lulusan menjadi sarjana yang profesional, unggul dan berbudaya.

Lulusan harus profesional karena saat lulusan mengikuti program sarjana, UNBI telah menyiapkan standar profesi masing - masing yang harus diselesaikan mahasiswa. Visi UNBI kedua yaitu unggul artinya setiap prodi di UNBI memiliki keunggulan dibanding prodi sejenis yang ada di perguruan tinggi (PT) lain. Lulusan diharapkan mampu perlihatkan keunggulan tersebut sebagai produk hasil didikan UNBI.

Sedangkan visi berbudaya, tidak terlepas dari kearifan lokal yang ada dan tidak lepas dari perkembangan budaya saat ini yaitu menuju kepada ekonomi kreatif dan mengikuti perkembangan teknologi yang ada. "Mahasiswa harus tanggap dengan hal tersebut sehingga mampu bersaing sebagai SDM yang bermutu dan profesional," ujarnya.

Yudhi menambahlan bahwa lulusan yang diyudisium saat ini sudah ada yang bekerja karena prodi yang dimiliki UNBI merupakan prodi yang sangat prospektif. "Karena memang sebelum prodi didirikan, kita sudah melakukan kajian terlebih dulu sehingga lulusan yang tercetak memang lulusan yang sangat dibutuhkan saat mahasiswa tersebut lulus," ungkapnya.

Sehingga lulusan UNBI merupakan lulusan yang siap diterima di dunia kerja bahkan saat ini rata - rata sudah diterima di dunia kerja. UNBI menjalin kerjasama dengan stakeholder eksternal untuk memperkuat pemenuhan demand di dunia kerja. "UNBI menjalin kerjasama dengan stakeholder eksternal sebelum melakukan penyusunan kurikulum sehingga dalam menghasilkan lulusan, kita selain berpedoman pada patokan akademik, kita juga harus memikirkan apa kebutuhan pasar terhadap lulusan nanti," jelasnya.

Dekan Fakultas Bisnis Sosial Teknologi dan Humaniora Prof. Dr. I Komang Gde Bendesa, M.A.D.E berharap, mahasiswa bisa menerapkan ilmu yang diperoleh di UNBI, terutama ketika terjadinya perubahan - perubahan sehingga mahasiswa bisa merespon secara tiba - tiba. Seperti yang terjadi saat ini, pandemi Covid-19. Terhadap pandemi ini, ia berharap mahasiswa dapat melihatnya sebagai bencana karena dengan pandangam tersebut mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat pada kondisi bencana pandemi ini. "Karena pengetahuan untuk itu sudah kita bekali yaitu merespon perubahan - perubahan yang sangat cepat," tandasnya.

Ia yakin, kualitas lulusan UNBI siap kerja karena selain didukung kurikulum yang sesuai dengan dunia kerja, banyak mahasiswa UNBI berprestasi di luar baik di tingkat provinsi maupun nasional. Bahkan telah banyak mahasiswa dan lulusan memiliki usaha start up yang siap tumbuh dengan bekal dari UNBI.(kmb42)

Sumber : Balipost

Berikut Video saat acara yudisium :