UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Universitas Bali Internasional (UNBI) Gelar TOT Metodelogi Penelitian
  11 March 2020 - Dibaca 94 kali
  Oleh Administrator

Peserta TOT adalah dosen di lingkungan UNBI sebanyak 70 Orang yang tergabung dalam 10 program studi. Kegiatan ini dilaksanakan di UNBI yang beralamat di Jalan Seroja Gang Jeruk No. 9A, Kelurahan Tonja, Denpasar Utara.

Prof. Dr. dr. I Made Bakta, Sp.PD (KHOM) selaku rektor Universitas Bali Internasional dalam sambutannya menyampaikan tujuan dilaksanakan TOT ini adalah dirancang untuk meningkatkan kualitas dosen dalam melakukan melakukan riset sesuai kaidah ilmiah. Menurut Prof. Made Bakta, Training of Trainer (TOT) Metodologi Penelitian sangatlah penting dilaksanakan karena penelitian merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Sehingga kami memberikan bekal kepada dosen untuk dapat menjadi peneliti yang baik dan yang kedua adalah bagaimana agar dosen dapat mengajarkan metode penelitian itu kepada mahasiswa,” katanya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TOT ini dirancang secara komprehensif dari pemberian konsep dasar terkait riset, desain riset, dan pendekatan kualitatif, kuantitatif dan mixed method. Peserta akan belajar tentang cara menentukan topik penelitian berdasarkan fenomena, menyusun proposal, menyusun instrumen penelitian, mengumpulkan dan mengolah data serta menyusun laporan hasil penelitian.

Adapun 3 narasumber yang mengisi kegiatan ini, yakni Prof. Dr. dr. I Made Bakta, Sp.PD (KHOM), sebagai rektor UNBI, kemudian Prof. Dr. I. K. G. Bendesa, M.A.D.E, sebagai Dekan fakultas Bisnis, Teknologi, Sosial, Humaniora UNBI dan Drs. I Ketut Tunas, M.Si sebagai Dosen Statistik dan metologi penelitian. Selain untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dosen dalam melakukan penelitian, dan pengajaran metodologi penelitian, kegiatan ini dilakukan untuk memacu para dosen di lingkungan UNBI untuk mengikuti hibah penelitian yang didanai oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. “Juga mendorong meningkatkan jumlah publikasi hasil riset para dosen, serta meningkatkan diseminasi hasil penelitian dalam bentuk publikasi di jurnal,” ujarnya.