UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Universitas Bali Internasional
  24 February 2020 - Dibaca 69 kali
  Oleh Administrator

Apakah kalian tahu tentang BHD atau Bantuan Hidup Dasar? BHD atau Bantuan Hidup Dasar adalah tindakan darurat untuk membebaskan jalan napas, membantu pernapasan dan mempertahankan sirkulasi darah tanpa menggunakan alat bantu. BHD memberikan tindakan darurat berupa Resusitasi Jantung Paru (RJP) sebagai suatu usaha untuk mengembalikan keadaan henti napas dan henti jantung. Hal itu dilakukan untuk mencegah kematian biologis.

Pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 22-23 Februari 2020, Universitas Bali Internasional mengadakan pelatihan bantuan hidup dasar (BHD) kepada Mahasiswa semester akhir. Dalam pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD), mahasiswa terbagi dalam 4 kelompok yaitu kelompok A, B, C, D yang keseluruhan berjumlah 203 orang dan peserta berasal dari 8 Program Studi yang berada di Lingkungan Universitas Bali Internasional yakni Program Studi Fisioterapi, Farmasi Klinis, Manajemen Informasi Kesehatan, Kesehatan Keselamatan Kerja, Psikologi, Administrasi Rumah Sakit, Teknik Elektromedik dan Teknologi Laboratorium Medik.

Kegiatan ini diselenggarakan di Kampus Universitas Bali Internasional, Jl. Seroja Gang Jeruk No 9A, Tonja–Denpasar Utara dan kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara Universitas Bali Internasional dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Dwi Mulia Pratama. Tenaga Pelatih/Instruktur kegiatan pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) ini diberikan oleh Lembaga Pelatihan Kerja Dwi Mulia Pratama yang pelatihnya sudah memiliki pengalaman yang baik di dunia kesehatan. Kebanyakan para instruktur berasal dari profesi perawat dengan latar belakang pendidikan kesehatan yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang baik dalam penanganan pasien yang mengalami henti nafas dan henti jantung serta choking pada bayi. Secara keseluruhan, para instruktur ini telah memiliki sertifikat sebagai instruktur BHD.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Rektor Universitas Bali Internasional Prof. Dr. dr. I Made Bakta, Sp.PD (KHOM). Pada kesempatan ini Rektor menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman mahasiswa khususnya di bidang kesehatan untuk mampu melaksanakan bantuan hidup dasar bagi seseorang yang membutuhkan pertolongan saat terjadi henti nafas dan henti jantung. Selain itu kegiatan ini juga dilakukan untuk mencetak mahasiswa yang memiliki skill berkualitas dalam bidang kegawatdaruratan. Seluruh peserta mengikuti dengan antusias pelatihan BHD ini. Peserta diberikan beberapa teori diantaranya aspek legal etik dan komunikasi gawat darurat, fixasi dan transportasi, resusitasi jantung paru (RJP), automatic external defribilasi, refleksi dan choking. Selain teori mahasiswa juga diberikan praktek langsung RJP dan choking dengan menggunakan mannequin, yaitu boneka yang dirancang khusus untuk pelatihan BHD. Pada pelatihan kali ini juga terdapat penilaian dalam bentuk pretest dan posttest dan juga ujian praktik RJP dan Choking. LPK Dwi Mulia Pratama memberikan penilaian kepada seluruh mahasiswa dan selama ujian berlangsung terdapat beberapa peserta yang mendapatkan nilai tertinggi dari masing-masing kelompok diantaranya :

 Kelompok A

 Juara 1 : Kade Ari Widya Kusuma Putra

 Juara 2 : Sonya Camelia Rosanta Werdhini

 Juara 3 : Made Ayu Indah Puspa Sari

 Prodi Fisioterapi

 Prodi Fisioterapi

 Prodi Fisioterapi

 Kelompok B

 Juara 1 : Dewa Ketut Karisma Pratama

 Juara 2 : Anak Agung Ayu Trisna Diantari

 Juara 3 : I Gusti Ngurah Manik Satria Wibawa Putra

 Prodi Farmasi  Klinis

 Prodi Farmasi  Klinis

 Prodi Farmasi  Klinis

 Kelompok C

 Juara 1 : Ni Luh Setiawati

 Juara 2 : Ni Kmg Kartika Saraswati

 Juara 3 : Nym Gd. Yuda Triguna

 Prodi Farmasi  Klinis

 Prodi Farmasi  Klinis

 Prodi Farmasi  Klinis

 Kelompok D

 Juara 1 : Ni Ngh Semiari

 Juara 2 : Ni Putu Monica Pradnyamita

 Juara 3 : Sang Ayu Putu Mirah

 Prodi Farmasi  Klinis

 Prodi Farmasi  Klinis

 Prodi Farmasi  Klinis

Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) sangat diperlukan untuk diberikan kepada masyarakat karena kejadian henti jantung dan napas bisa terjadi pada siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Orang yang menemukan korban pertama kali bukan hanya tenaga medis yang terlatih, tetapi bisa masyarakat yang ada di sekitar tempat kejadian. Oleh sebab itu kegiatan ini dirasakan sangat penting untuk dilaksanakan oleh Universitas Bali Internasional. Adanya pelatihan ini diharapkan agar nantinya lulusan dari Universitas Bali Internasional memiliki keahlian yang handal dalam menangani kegawatdaruratan saat terjun di lapangan kerja selain itu sertifikat yang didapat dari pelatihan ini juga digunakan sebagai sertifikat pendamping ijazah sehingga lulusan kita memiliki keunggulan dari lulusan yang lain.