UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
Alamat : Jl. Seroja, Gang Jeruk, Kelurahan Tonja Denpasar Utara, Bali 80239
Telp : (0361) 4747770 | 081238978886 | 085924124866
Email : iik.medali[at]gmail.com
INSTITUT ILMU KESEHATAN
MEDIKA PERSADA BALI
INTELLIGENCE TO BE ADVANCE
IIK MEDIKA PERSADA BALI GELAR PELATIHAN AUDIT MUTU INTERNAL
  27 October 2017 - Dibaca 527 kali
  Oleh Administrator

Untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas lembaga serta membentuk auditor andal, Institut Ilmu Kesehatan Medika Persada Bali menggelar Pelatihan Audit Mutu Internal (AMI) di Kampus IIK  Medika Persada Bali. Jalan Tantular Barat Denpasar. Kamis, 26 Oktober kemarin. Pelatihan melibatkan 40 peserta auditor yang terdiri atas seluruh Wakil Rektor IIK Medika Persada Bali. SDM LP3M, Unit Pelayanan Mutu dan semua Dosen IIK Medika Persada Bali dengan menghadirkan dua fasilitator. Dr. I Wayan Suardana, M.Par. dan Dr. Nyoman Utari Vebriyanti Kegiatan akan berlangsung selama tiga hari hingga 28 Oktober 2017.

Ketua LP3M IIK Medika Persada Bali Prof. dr. I Gusti Made Aman, Sp.Fk mengatakan, pelatihan AMI merupakan salah satu bentuk yang dilakukan dalam upaya melaksanakan, memantau serta mengevaluasi pengembangan pembelajaran dan penjaminan mutu. Tujuan pelatihan AMI ini untuk membentuk auditor mutu andal yang dapat melaksanakan audit data internal secara efektif. “Kegiatan ini sebenarnya mengoreksi diri sendiri sebelum dikoreksi oleh orang lain. Kami harapkan tercipta auditor mutu internal yang banyak dan terampil, sehingga lahir mutu pendidikan yang harus berkembang dan meningkat ke depannya” ujarnya.

Rektor IIK Medika Persada Bali Prof. Dr. dr. I Made Bhakta. Sp.PD. (KHOM) menjelaskan, pelatihan AMI merupakan program badan penjaminan mutu untuk menciptakan auditor yang tersertifikasi, sehingga kualitas penjaminan mutu secara internal di IIK Medika Persada Bali semakin maju dan berkembang dengan kuantitas SDM yang andal. Dengan meningkatkan penjaminan mutu maka proses pendidikan di IIK Medika Persada Bali akan terjamin sesuai standar mutu pendidikan tingkat nasional. Pihaknya berharap melalui pelatihan ini seluruh peserta auditor yang mendapatkan sertilikat dari Kopertis dan segera berbenah diri jika ada prodi di IIK Medlika Persada Bali yang belum memenuhi penjaminan mutu yang ditetapkan. “Pelatihan ini menunjukkan keseriusan kami dalam mengelola perguruan tinggi, baik secara akademis maupun nonakademis untuk menjadi perguruan tinggi yang mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya.

Dr. I Wayan Suardana menambahkan, pelatihan AMI merupakan suatu siklus dari penjaminan mutu internal yang salah satunya adalah proses evaluasi. Evaluasi dalam penjaminan mutu harus dilakukan oleh suatu perguruan tinggi untuk mengetahui seberapa jauh mutu pendidikan yang telah diterapkan sesuai standar lembaga pendidikan bersangkutan. Auditor mutu harus ada dalam suatu lembaga pendidikan untuk mengawal sistem penjaminan mutu tersebut. “Kami akan latih mereka baik secara skill, keterampilan, metodologi mengaudit dan bagaimana kode-kode etik maupun aturan dalam melakukan audit". Mereka (peserta auditor) akan mengawal standar (penjaminan mutu) yang dibuat oleh IIK Medika Persada Bali, sebab ini auditor mutu internal, bukan auditor keuangan atau auditor Lainnya.